Cara Kerja Power Steering

Cara Kerja Power Steering

Cara kerja power steering pada sebuah mobil tergantung pada kondisi mobil. Pada kondisi netral, minyak akan mengalir melalui katup pengontrol menuju saluran pelepasan dan kembali menuju pompa. Dalam kondisi ini, torak tidak bergerak dan tekanan pada kedua sisi menjadi seimbang.

Jenis Cara Kerja Power Steering

Gambar oleh Rudy and Peter Skitterians dari Pixabay

Sistem power steering seperti namanya power berarti tenaga, dan steering yang berarti pengemudian. Sistem power steering merupakan sebuah sistem yang bertujuan meringankan sistem kemudi agar lebih mudah untuk mengendalikannya oleh pengemudi. Dengan teknologi ini, kemudi akan terasa lebih ringan saat diputar meskipun dalam kecepatan rendah.

Jenis Cara Kerja Power Steering

Meskipun sistem penggeraknya berbeda, akan tetapi prinsip kerja kedua jenis ini hampir sama.

Power steering sendiri memiliki dua jenis yaitu hidrolik dan elektrik atau Electric Power Steering (EPS). Power steering sistem hidrolik adalah jenis power steering yang bekerja dengan bantuan mesin hidrolik dan pompa, kemudian untuk power steering elektrik (EPS) menggunakan bantuan motor listrik agar dapat berfungsi.

Summary
Cara kerja power steering
Article Name
Cara kerja power steering
Description
Cara kerja power steering pada sebuah mobil tergantung pada kondisi mobil. Pada kondisi netral, minyak akan mengalir melalui katup pengontrol menuju saluran pelepasan dan kembali menuju pompa.
Author
Publisher Name
Santana Rental Mobil Solo
Publisher Logo
Info Lainnya:  Perbedaan Mesin Mobil Diesel dan Bensin