Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Cara mengatasi mabuk perjalanan jauh dengan mengendarai mobil merupakan pilihan tepat. Mabuk perjalanan merupakan suatu kondisi seseorang mengalami ketidaknyamanan pada saat bepergian menggunakan kendaraan. Entah menggunakan mobil, bus, kapal, ataupun pesawat. Anak-anak, wanita hamil dan orang lanjut usia akan lebih sering mengalami mabuk perjalanan.

Tips Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Mobil

Gambar via media.istockphoto.com

Kondisi seperti ini memang tidak membahayakan, namun sebaiknya tetap ditangani, karena dapat menyebabkan rasa mual hingga muntah. Jika tidak segera mendapat perawatan, penderita akan mengalami pusing dan lemas hingga kehilangan keseimbangan.

Untuk itu, lengkapi kotak obat Anda apabila ada keluarga yang sering mengalami mabuk perjalanan. Pengobatan mabuk perjalanan cukup hanya dengan obat antimabuk. 

Beberapa Tips Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Berikut beberapa tips cara mencegah dan mengatasi mabuk kendaraan yang dapat Anda coba:

  • Konsumsi Makanan Berat
    Sebelum melakukan perjalanan jauh, alangkah baiknya menghindari konsumsi makanan berat. Untuk menjaga perut tetap terisi, Anda dapat mengonsumsi makanan ringan seperti roti atau mengurangi porsi normal makan Anda.
  • Posisi Tempat Duduk
    Pilih posisi duduk yang membuat mata leluasa memandang lurus searah jalan, atau posisi duduk yang minim guncangan. Atau jika memungkinkan, pilihlah dekat dengan jendela dan mendapat udara segar.
    Hindari duduk berlawanan arah dengan pergerakan kendaraan, karena cenderung mudah memicu mabuk kendaraan.
  • Istirahat Cukup
    Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Kondisi tubuh yang kurang fit, cenderung mengakibatkan kepala pusing yang akhirnya menjadi mabuk perjalanan. Jika gejala mulai muncul, segera bersandar atau memungkinkan jika dapat berbaring kemudian pejamkan mata agar bisa tertidur.
  • Hindari Membaca Buku
    Membaca buku atau menatap layar hp pada saat perjalanan dapat memicu munculnya rasa mual dan pusing. Karena dapat menyebabkan ketidakselarasan antara mata dan telinga Anda. Jika Anda merasa bosan, mendengarkan musik, mengobrol atau tidur merupakan langkah yang efektif untuk mencegah mabuk kendaraan.
  • Obat Antimabuk
    Konsumsi obat antimabuk jika memang sering mengalami mabuk perjalanan. Konsumsi setidaknya 1-2 jam sebelum perjalanan.
Info Lainnya:  6 Tips Menyewa Mobil Rental untuk Liburan

Penjelasan lengkap mengenai mabuk perjalanan, silakan mengunjungi link ini.

Kendaraan yang bersih dan nyaman serta cara mengemudikan mobil merupakan salah satu cara mencegah mabuk kendaraan. Santana Rental Mobil Solo yang merupakan salah satu jasa rental mobil di Solo sebisa mungkin akan memberikan layanan yang terbaik bagi Anda.