Perawatan Ban Mobil Juga Perlu Diperhatikan

Perawatan Ban Mobil Juga Perlu Diperhatikan

Perawatan ban mobil perlu perhatian juga, karena ban merupakan salah satu komponen wajib yang perlu pemeriksaan rutin. Ban mobil bak kaki kita, berfungsi untuk meluncur yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Dan yang pasti berhubungan dengan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Terkadang pemilik/pengemudi mobil sering melupakan si karet bundar ini. Akan teringat apabila ban dalam keadaan bocor. Padahal sangat membutuhkan pengecekan secara berkala oleh pemilik mobil agar tetap aman saat berkendara.

Santana Rental Mobil Solo - Perawatan Ban Mobil

Gambar oleh Gerald Oswald dari Pixabay

Pemilik/pengemudi dapat melakukan beberapa pengecekan dan perawatan dengan melakukan rotasi ban, memeriksa tekanan udara, melakukan spooring dan balancing, serta mempersiapkan kondisi ban cadangan.

Perawatan Ban Mobil yang Perlu Diperhatikan

Cek Tekanan Ban Udara
Poin pertama yang sangat mendasar dari rutinitas pengecekan ban. Periksa, apakah ada ban yang kempis? Jika terasa kasat mata, terlihat kempis, Anda dapat menambah tekanan udara pada ban tersebut.

Jika tekanan udara pada ban kurang, maka resiko untuk mengalami pecah ban lebih besar. Karena dinding samping ban akan selalu bersentuhan dengan jalan dan pada akhirnya menjadi aus atau tipis sehingga tidak akan kuat menahan bobot mobil.

Info Lainnya:  Tips Cara Ampuh Mencegah Mabuk Perjalanan

Ukuran Tekanan Udara yang Disarankan
Pada saat akan menambah tekanan ban, perhatikan ukuran tekanan ban sesuai standar pabrikan. Biasanya terdapat informasi mengenai ini, atau Anda dapat membuka buku manual kendaraan.

Melakukan Rotasi Ban
Rotasi ban yaitu memindah posisi keempat ban mobil. Gunanya agar tingkat keausan ban akan menyebar secara merata, sehingga mempengaruhi kenyamanan berkendara. Melakukan rotasi ban dapat Anda lakukan tiap kelipatan 10 ribu km. Jika memang ada salah satu ban yang sudah terlalu rusak, sebaiknya melakukan pergantian ban baru.

Spooring dan Balancing
Rekomendasinya, spooring dan balancing setiap 10 ribu km, bersamaan dengan rotasi ban. Jika Anda merasakan kemudi mobil terasa bergetar atau sudah tidak lurus lagi. Atau jika Anda berjalan lurus, kemudian posisi mobil akan cenderung ke kanan atau ke kiri. Ini dapat menjadi indikator untuk melakukan spooring dan balancing.

Muatan Beban Kendaraan
Muatan beban kendaraan serta gaya mengemudi menentukan kondisi dan usia ban mobil. Ikuti rekomendasi dengan standar pabrikan tentang beban muatan pada mobil Anda. Jangan melebihi kapasitas beban angkut karena akan mengganggu fungsi ban dan juga pengereman serta berpotensi mebahayakan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Info Lainnya:  Perbedaan Jenis Aki Mobil

Periksa Ban Cadangan
Tidak tahu kapan akan membutuhkan ban cadangan, perhatikan juga kondisi ban cadangan. Untuk itu, rawat ban cadangan dengan memeriksanya secara berkala, baik itu tekanan udara maupun tampilannya.

Pada Santana Rental Mobil, perawatan dan perbaikan secara berkala sesuai dengan jadwal servis. Karena armada yang ada merupakan mobil-mobil milik sendiri.

Summary
Perawatan ban mobil perlu perhatian juga
Article Name
Perawatan ban mobil perlu perhatian juga
Description
Perawatan ban mobil perlu perhatian juga, karena ban merupakan salah satu komponen wajib yang perlu pemeriksaan rutin. Ban mobil bak kaki kita, berfungsi untuk meluncur yang bersentuhan langsung dengan jalanan.
Author
Publisher Name
Santana Rental Mobil Solo
Publisher Logo