Kenapa Lampu Rem Berwarna Merah?

Kenapa Lampu Rem Berwarna Merah?

Kenapa lampu rem berwarna merah, ternyata memiliki alasan tersendiri. Tidak hanya pada mobil atau motor, lampu lalu lintas pun ada warna merah yang berarti kita harus berhenti. Setiap kendaraan bermotor pasti terdapat lampu rem pada bagian belakang. Karena memiliki fungsi penting, kita tidak boleh mengganti lampu penerangan berwarna merah ini dengan warna lainnya.

Alasan Lampu Rem Berwarna Merah

Gambar via Lothar Wandtner dari Pixabay

Lampu dengan warna merah dan rem (berhenti) selalu memiliki keterkaitan satu sama lain. Misalnya, jika kita melihat lampu lalu lintas menyala merah, pasti kita dengan reflek dan akan  langsung mengerem berhenti. Berbeda dengan warna kuning, yang berarti harus hati-hati, seperti fungsi lampu hazard pada mobil.

Lalu, kenapa lampu rem berwarna merah? Alasannya ternyata sangat sederhana, seperti dikutip pada halaman web Hyundai Indonesia. Apabila melihat dari teori warna, merah merupakan warna dengan gelombang terpendek dari semua warna lainnya. Anda dapat mencoba dengan melihat foto yang ada warna merah, secara otomatis warna merah akan terlihat lebih dulu. Hal ini menyebabkan warna merah dapat tertangkap paling cepat oleh mata manusia daripada mata lain.

Info Lainnya:  Rental Mobil Pernikahan Civic Hatchback Solo

Coba bayangkan, jika lampu rem menggunakan warna lain, seperti kuning atau putih mungkin pengemudi akan merespon lebih lambat. Dan ini akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Maka dari itu, mengganti warna pada lampu rem selain warna merah tidak diperbolehkan.