Mudik Naik Mobil Pribadi, Perhatikan Masalah Berikut

    Beranda » Tips » Mudik Naik Mobil Pribadi, Perhatikan Masalah Berikut

Mudik Naik Mobil Pribadi, Perhatikan Masalah Berikut

Mau mudik naik mobil pribadi? Masalah utama dan sangat penting yang harus dilakukan sebelum menggunakannya untuk mudik adalah memeriksa kondisi kendaraan yang akan digunakan. Disamping itu, siapkan juga e-money, karena hampir semua jalur tol yang digunakan sebagai jalur mudik sudah menggunakan sistem e-money untuk pembayarannya. Jangan lupa isi saldo cukup.

Sesuai budaya yang ada di Indonesia, setelah sebulan berpuasa tidak afdol jika menyambut Hari Raya Idul Fitri tidak pulang kampung halaman, atau biasa dikenal dengan mudik. Ada banyak cara untuk mudik menuju kampung halaman, bisa menggunakan pesawat terbang, kapal laut, kereta api, atau mobil pribadi/mobil rental.

Akan tetapi, sebelum menggunakan mobil pribadi/mobil rental untuk melakukan perjalanan jarak jauh, ada beberapa kondisi yang harus dilakukan. Berikut ini tips mudik naik mobil pribadi/mobil rental.

Mudik Naik Mobil Pribadi, Jangan Lupa Periksa Kendaraan

Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum mudik menggunakan mobil yaitu memeriksa kondisi kendaraan. Jika Anda hobi utak-atik kendaraan sendiri, Anda dapat memeriksanya. Atau Anda dapat memasukkannya ke dalam bengkel resmi.

Info Lainnya:  Kaca Mobil Selalu Bersih Selama PSBB

Hindari Muatan Berlebihan
Jangan membawa muatan berlebihan, ini untuk alasan keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan mudik. Karena setiap kendaraan sudah didesain untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitas yang sudah diuji.

Periksa Saldo E-Money
Nah, ini mungkin yang sering tidak diperhatikan. Sekarang ini, hampir semua jalan tol pada jalur mudik sudah menggunakan sistem e-money/uang elektronik untuk pembayarannya. Estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk melintas jalur Tol Trans Jawa yaitu sekitar Rp. 675.500,- rute Jakarta-Surabaya. Rute Jakarta-Pasuruan sekitar Rp. 727.500,-. Rute Jakarta-Semarang sekitar Rp. 349.500,-, dan Rute Jakarta-Probolinggo dikenakan biaya sekitar Rp. 727.500,-.

Karena termasuk baru, jalur Tol Trans Jawa untuk digunakan mudik, di beberapa jalur masih kurang persiapan yang memadai, seperti kurangnya atm dan lain sebagainya. Jadi pastikan saldo e-money Anda terisi secukupnya.

Periksa Bahan Bakar
Perhatikan selalu bahan bakar kendaraan Anda. Perkirakan dengan cermat kapan harus mengisi bahan bakar. Pastikan jalur mudik yang Anda lewati terdapat SPBU. Jika Anda menggunakan mobil rental, tanyakan kepada pemilik jasa rental mobil tentang kebutuhan bahan bakar kendaraannya.

Info Lainnya:  Tips Rental Mobil Liburan Akhir Tahun di Yogyakarta

Istirahat
Kendaraan dan manusia juga butuh istirahat yang cukup. Gunakan waktu beristirahat dalam 3-4 jam perjalanan. Kondisi mudik, biasanya terjadi macet pada titik-titik tertentu. Agar kondisi kendaraan dan manusia tetap terjaga dan fit, pastikan untuk beristirahat.

Utamakan selamat dan hati-hati dalam perjalanan mudik Anda.

Summary
Mudik Naik Mobil Pribadi, Perhatikan Masalah Berikut
Article Name
Mudik Naik Mobil Pribadi, Perhatikan Masalah Berikut
Description
Berikut ini tips mudik naik mobil pribadi/mobil rental. Periksa kendaraan, saldo e-money, dan pembayaran jalur tol trans jawa yang akan dilalui untuk mudik.
Author
Publisher Name
Santana Rental Mobil Solo
Publisher Logo